Model Baju Batik Kerja Kantor

Memilih model baju batik kerja kantor harus mempertimbangkan berbagai segi. Pemilihan motif, warna, jenis bahan, dan model baju akan mempengaruhi penampilan di tempat kerja. Hal ini penting agar wanita tetap tampil cantik, enerjik, dan profesional di tempat kerja. Dengan memilih corak dan potongan baju yang tepat, pakaian batik dapat dijadikan busana kerja yang istimewa.

Kecenderungan memakai baju batik saat ini tidak hanya di kalangan pegawai negeri. Kantor-kantor swasta pun mewajibkan karyawannya memakai busana batik pada hari yang ditentukan. Seorang teman, pegawai pemerintah daerah bahkan dengan berkelakar mengatakan, “Bisa-bisa seragam pemkab nanti tidak dipakai lagi ke kantor”. Alasannya, mulai hari kamis hingga sabtu pegawai negeri sudah memakai baju batik untuk kerja kantor. Praktis baju seragam pemkab hanya dipakai senin sampai rabu.

model-baju-batik-kerja-imageKeberadaaan motif batik dari berbagai daerah makin memperkaya model baju batik. Ini semakin menguatkan fakta bahwa batik merupakan karya asli warisan budaya Indonesia. Keanegaragaman pilihan kain batik makin mempermudah dalam merancang model busana batik untuk kerja maupun keperluan lain. Yang harus diingat, penentuan model baju harus disesuaikan dengan postur tubuh pemakainya. Jangan sampai ingin tampil gaya tapi justru tampak aneh, bahkan kacau kedodoran.

desain-model-baju-batik-kerja-kantor-imageBeberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih model baju batik kerja seperti tertera di bawah ini.

1. Memilih Motif Batik

Dalam memilih motif batik harus mempertimbangkan bentuk tubuh anda. Bila anda termasuk orang bertubuh gemuk sebaiknya memilih motif batik yang bentuknya kecil-kecil. Batik dengan corak motif besar-besar tidak cocok untuk yang bertubuh besar. Sebaliknya, untuk anda yang bertubuh kurus, pilihan yang cocok adalah motif batik ukuran sedang hingga ukuran besar. Motif-motif bercorak simetris menyerupai garis-garis juga sangat cocok untuk tubuh mungil agar proporsi tubuh tampak seimbang sehingga tampil lebih dinamis. Bermacam-macam motif batik di Indonesia memiliki makna filosofi yang dapat dijadikan motivasi dalam bekerja dengan busana batik.

2. Memilih Jenis Bahan Batik

Batik tulis umumnya terbuat dari kain katun sehingga nyaman dipakai sebagai busana kerja. Berbeda dengan batik printing yang menggunakan bahan polyster yang kaku dan kadang terasa agak panas. Bahan katun yang memang terbuat dari kapas terasa adem dan baju akan terlihat jatuh rapi. Beberapa jenis kain katun yang banyak dipakai sebagai bahan batik tulis diantaranya katun primis/primissima, katun prima, katun santiu, dan katun dobbi. Semua memiliki karakter yang hampir sama namun dengan ketebalan dan tekstur yang berbeda.

3. Memilih Model Baju Batik Kerja

Pada saat memakai baju batik kerja kantor anda harus tampak segar dan enerjik. Pilihan model yang tepat akan membuat anda makin percaya diri dengan penampilan yang cantik. Memakai blus warna cerah yang dipadu dengan rok maupun celana panjang membuat wanita tampil makin cantik dan menarik. Bagi pria akan tampak berwibawa dengan model baju batik yang simpel dengan potongan tegas. Pemberian furing (pelapis dalam) dapat menambah kewibawaan karena model baju akan terlihat lebih tegas dan rapi.

Sedikit tips ini semoga dapat menambah referensi tentang rancangan baju batik untuk kerja. Bagaimanapun model baju batik kerja yang anda pakai di kantor, semangat kerja yang tinggi akan memacu prestasi di masa depan. Selamat memilih motif dan model baju batik yang cocok dengan postur tubuh anda.

Incoming search terms:

  • model baju batik kerja
  • desain baju batik
  • model baju kerja
  • model baju batik
  • Model Baju Batik Untuk Kerja
  • Model Baju Batik Kerja Kantor
  • model batik kerja
  • model baju motif
  • batik kantor
  • model baju kantor wanita

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>